Ruang Sampel dalam Materi Peluang
Ruang sampel adalah konsep dasar dalam teori peluang yang menggambarkan semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan acak. Memahami ruang sampel sangat penting untuk menghitung probabilitas suatu kejadian.
Definisi Ruang Sampel
Ruang sampel (sering dilambangkan dengan huruf S) adalah himpunan dari semua kemungkinan hasil yang dapat muncul dari suatu percobaan acak. Setiap elemen dalam ruang sampel disebut sebagai titik sampel. Misalnya, dalam pelemparan sebuah dadu, ruang sampelnya adalah {1, 2, 3, 4, 5, 6}.
Contoh Ruang Sampel
1. Pelemparan Koin
Ruang Sampel: {A, G}
Di mana A adalah Angka dan G adalah Gambar.
- Ruang Sampel: {(AA), (AG),(GA),(GG)}
- Ada total 4 titik sampel
3. Pelemparan Dua Dadu
Ruang Sampel: {(1,1), (1,2), (1,3), ..., (6,6)}
Ada total 36 titik sampel karena setiap dadu memiliki 6 sisi.
- Ruang Sampel: {(A,1),(A,2),...,(G,6)}
- ada total 12 titik sampel
Ruang Sampel: {A♠, 2♠, ..., K♠, A♥, 2♥, ..., K♥, A♦, 2♦, ..., K♦, A♣, 2♣, ..., K♣}
Total ada 52 titik sampel dalam satu setumpuk kartu tanpa joker.





Komentar
Posting Komentar