Ruang Sampel

Ruang Sampel dalam Materi Peluang

Ruang sampel adalah konsep dasar dalam teori peluang yang menggambarkan semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan acak. Memahami ruang sampel sangat penting untuk menghitung probabilitas suatu kejadian.

Definisi Ruang Sampel

Ruang sampel (sering dilambangkan dengan huruf S) adalah himpunan dari semua kemungkinan hasil yang dapat muncul dari suatu percobaan acak. Setiap elemen dalam ruang sampel disebut sebagai titik sampel. Misalnya, dalam pelemparan sebuah dadu, ruang sampelnya adalah {1, 2, 3, 4, 5, 6}.

Contoh Ruang Sampel

1. Pelemparan Koin

  • Ruang Sampel: {A, G}

  • Di mana A adalah Angka dan G adalah Gambar.



2. Pelemparan dua koin 
  • Ruang Sampel: {(AA), (AG),(GA),(GG)}
  • Ada total 4 titik sampel


3. Pelemparan Dua Dadu

  • Ruang Sampel: {(1,1), (1,2), (1,3), ..., (6,6)}

  • Ada total 36 titik sampel karena setiap dadu memiliki 6 sisi.


4. Pelemparan satu dadu dan satu Koin
  • Ruang Sampel: {(A,1),(A,2),...,(G,6)}
  • ada total 12 titik sampel

5. Pengambilan Kartu dari Setumpuk Kartu

  • Ruang Sampel: {A♠, 2♠, ..., K♠, A♥, 2♥, ..., K♥, A♦, 2♦, ..., K♦, A♣, 2♣, ..., K♣}

  • Total ada 52 titik sampel dalam satu setumpuk kartu tanpa joker.


Komentar