Pembelajaran discovery learning
discovery learning pembelajaran yang aktif melibatkan siswa untuk berpatisipasi daripada menerima pengetahuan dari pengajar atau instruktur. Siswa aktif berinteraksi dengan lingkungannya dengan explore dan manipulasi object, bergulat dengan pertanyaan dan kontroversi atau pertunjukan sebuah percobaan. Siswa didorong untuk berpikir, bertanya, membuat hipotesis, spekulasi dan kolaborasi dengan siswa lainnya dan mengembangkan solusi permasalah dan menggunakan pikiran-pikiran yang ada dalam pikiran siswa.
discovery learning pembelajaran yang aktif melibatkan siswa untuk berpatisipasi daripada menerima pengetahuan dari pengajar atau instruktur. Siswa aktif berinteraksi dengan lingkungannya dengan explore dan manipulasi object, bergulat dengan pertanyaan dan kontroversi atau pertunjukan sebuah percobaan. Siswa didorong untuk berpikir, bertanya, membuat hipotesis, spekulasi dan kolaborasi dengan siswa lainnya dan mengembangkan solusi permasalah dan menggunakan pikiran-pikiran yang ada dalam pikiran siswa.
Menurut Syah (2004:244) dalam mengaplikasikan Discovery Learning di kelas,ada beberapa prosedur yang harus dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar secara umum antara lain sebagai berikut :
1) Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)
2) Problem Statement (Pernyataan/Identifikasi Masalah)
3) Data Collection (Pengumpulan Data)
4) Data Processing (Pengolahan Data)
5) Verification (Pembuktian)
6) Generalization (Menarik Kesimpulan/Generalisasi)
Contoh langkah-langkah pembelajaran discovery learning dalam pembalajaran dengan materi grafik fungsi trigonometri
| Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
| Pendahuluan | Pendahuluan 1. Mengkondisikan suasana kelas 2. Mengecek kehadiran peserta didik 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapau tentang grafik fungsi cosinus 4. Memberikan motivasi untuk belajar dengan menyampaikan manfaat belajar grafik fungsi trigonometri 5. Memberikan apersepsi materi yang berkaitan dengan grafik fungsi trigonometri 6. Pendidik menyampaikan kegiatan pembelajaran. | 10 Menit |
| Kegiatan Inti | Kegiatan Inti Stimulation (memberi stimulus) 7. Peserta didik membentuk kelompok heterogen (dari sisi kemampuan, gender, budaya, maupun agama) sesuai pembagian kelompok yang telah direncanakan oleh guru. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. 8. Pendidik memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) kepada setiap kelompok 9. Peserta didik mengamati masalah yang tertera pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terkait materi grafik fungsi trigonometri(mengamati) 10. Peserta didik memahami masalah secara individu dan mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait masalah yang disajikan untuk didiskusikan (menanya) ProblemStatement (Mengidentifikasi masalah) 11. Jika ada peserta didik yang mengalami masalah, peserta didik lain untuk memberikan tanggapan dan mendiskusikan hal tersebut dengan kelompoknya masing-masing. Bila diperlukan, guru memberikan bantuan. 12. Peserta didik menalar bagaimana mengisi mengisi tabel tersebut Data Collecting (Mengumpulkan data) 13. Peserta didik mencoba mengisi tabel yang telah disediakan di LKPD. , Data Processing (Mengolah data) 14. Peserta didik berdiskusi mengisi tabel nilai fungsi trigonometri dan menggambar sketsa grafik menjadi kurva mulus 15. Peserta didik menalar tabel dan grafik yang telah mereka buat Verivication (Memverifikasi) 16. Setiap kelompok menunjuk perwakilannya untuk mempresentasikan hasil dari diskusi yang telah mereka lakukan 17. Peserta didik membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk memverifikasi penyelesaian masalah. 18. Peserta didik mengamati grafik yang dikerjakan kelompok lain, menalar hasil presentasi. Generalization (Menyimpulkan) 19. Peserta didik menalar dengan menyimpulkan dari beberapa presentasi tentang bentuk grafik fungsi trigonometri, dapat menentukan karakteristik perubahan fungsi trigonometri. | 65 Menit |
| Penutup | Penutup 20. Pendidik memberi apresiasi terhadap hasil kerja peserta didik 21. Peserta didik mengerjakan satu soal secara individu untuk dikumpulkan dan dinilai 22. Peserta didik bersama-sama menyimpulkan tentang karakteristik grafik fungsi trigonometri. 23. Peserta didik mendengarkan motivasi yang diberikan guru 24. Ketua kelas memimpin doa bersama 25. Pendidik mengakhiri pembelajaran | 15 Menit |
Terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk share post ini
Komentar
Posting Komentar